Menu

Kuda Hitam Paling Diantisipasi Pada Piala Dunia 2018

0 Comment


Ada banyak faktor penentu kemenangan dalam sebuah kompetisi, terutama di bidang sepak bola. Memiliki pemain bintang kelas dunia tidak menjamin kemenangan akan didapat dengan mudah, karena sejatinya sepak bola bukan merupakan permainan individu, melainkan kerja sama tim. Mereka yang tidak diperkirakan sebelumnya mencatatkan pencapaian tidak terduga atau menjadi kuda hitam.

Pada gelaran Hasil Piala Dunia 2018 pun telah terjadi beberapa kejutan yang dimulai pada babak penyisihan, di mana beberapa tim nasional yang memiliki pemain bintang seperti Portugal dengan Christiano Ronaldo susah payah lolos ke putaran final. Di mana muncul tiga kuda hitam mendahului lolos ke final, yakni Belgia, Mesir, dan Islandia.

Belgia, Kuda Hitam Yang Paling Diantisipasi

Lolosnya tim nasional Belgia dengan relatif mudah ke putaran final merupakan sesuatu yang sebelumnya tidak terprediksi oleh para penggemar sepak bola dunia dan menjadikannya sebagai kuda hitam terkuat saat ini. Jika ditilik ke belakang, sebenarnya pencapaian Belgia ini sudah dimulai sejak Piala Dunia 2014 yang lalu.

Saat itu, Belgia berhasil lolos hingga putaran perempat final, padahal sebelumnya absen dari gelaran Piala Dunia selama dua musim. Tim nasional dengan sebutan The Red Devils tersebut kini memang memiliki skuad yang jauh lebih mumpuni dan bukan tidak mungkin dapat menggulingkan skuad tim-tim unggulan hingga keluar sebagai juara mendatang.

Pelatih Marc Wilmouts yang pada masa mudanya juga merupakan bagian skuad tim nasional Belgia telah berhasil meningkatkan drastis performa tim dan memenangkan banyak sekali pemain bintang untuk memperkuat skuad tim nasional yang akan dipimpin Vincent Kompany sebagai kapten tersebut. Di antaranya ada Thomas Vermaelen, Jan Vertongen, dan Marouane Fellaini.

Mesir, Kesuksesan Yang Tidak Terprediksi

Setelah absen hampir dua dekade dari gelaran Piala Dunia akibat tidak lolos babak penyisihan, Mesir kemudian membuat gebrakan mengejutkan dengan lolos sebagai tim unggulan dari Federasi Sepak Bola Afrika pada Hasil Piala Dunia 2018 mendatang. Pencapaian tersebut kemudian membuat Mesir termasuk dalam daftar kuda hitam yang perlu diwaspadai oleh para rivalnya.

Saat ini, tim nasional Mesir dibidani oleh pelatih asal Australia yang dahulu juga merupakan pemain tim nasional negaranya, Bob Bradley. Meskipun hampir tidak memiliki pemain bintang kelas dunia, namun kemampuan skuad Mesir pada beberapa tahun terakhir tidak dapat dipandang sebelah mata karena setiap pemain memiliki keterampilan tidak terduga.

Memanfaatkan keasingan dunia pada jajaran pemainnya sukses mengantarkan Mesir menjuarai banyak liga beberapa waktu terakhir. Semakin tidak populer, semakin tidak terprediksi, semakin besar pula kemungkinan kemenangan karena tim lawan tidak dapat membuat banyak analisa strategis untuk menggulingkan mereka. Poin tersebutlah yang menjadi kekuatan besar Mesir saat ini.

Hossam Hassan merupakan pemain tim nasional Mesir yang paling populer untuk saat ini karena selain menduduki posisi kapten, ia juga menjadi pencetak gol terbanyak untuk timnya. Namun seiring popularitasnya yang kian meningkat, anggota lain dalam tim pun digembleng lebih keras untuk menjaga stabilitas bertanding jika fokus lawan diarahkan kepada Hassan.

Islandia, Debut Sensasional Sang Kuda Hitam

Piala Dunia 2018 akan menjadi kali pertama Islandia turut berlaga yang menjadikannya kuda hitam paling mengejutkan sepanjang sejarah Piala Dunia. Sebelumnya, meski terus berusaha mengikuti babak penyisihan sejak tahun 1958, Islandia tidak pernah berhasil membuat gebrakan berarti. Namun, dalam dua tahun belakangan, mereka menunjukkan perkembangan yang begitu drastis.

Setelah mengalahkan Portugal dan Inggris yang nota bene merupakan senior di UEFA pada Piala Eropa 2016, Islandia pun terus melaju dengan mulus hingga dinyatakan lolos putaran final Hasil Piala Dunia 2018 pada laga debutnya di ajang sepak bola dunia empat tahunan tersebut. Pelatih tim nasional Islandia saat ini adalah Heimir Hallgrímsson.

Pelatih misterius dengan catatan karir yang sangat minim tersebut berhasil membuat anak asuhnya menjadi idola baru di kalangan para pecinta bola dengan prestasi demi prestasi yang dihasilkan. Hermann Hreiðarsson didapuknya sebagai kapten yang mana memiliki prestasi sangat bagus selama bergabung dalam tim nasional Islandia dengan catatan lima kali gol kemenangan.