Berkenalan Dengan Negara Peserta Piala Dunia 2018 Di Rusia

Berkenalan dengan Negara Peserta Piala Dunia 2018 di Rusia

Berkenalan Dengan Negara Peserta Piala Dunia 2018 Di Rusia, Gegap gempita piala dunia mulai terasa. Inilah saatnya seluruh masyarakat dunia untuk merayakan pesta sepak bola. Turnamen yang terselenggara empat tahun sekali ini berhak mendapat perhatian lebih. Hal tersebut dikarenakan euforia yang terasa dari seluruh lapisan masyarakat.

Piala dunia telah mengalami banyak perkembangan dan perbaikan. Segala macam upaya di berbagai sisi turnamen dibenahi untuk penyelenggaraan yang lebih sempurna. Tidak sedikit pro dan kontra dirasakan oleh banyak pihak. Namun, hal tersebut tidak mampu membendung semangat perayaan salah satu cabang olah raga yang selalu mendapat tempat di hati masyarakat.

Dimulai dari pertandingan sepak bola internasional yang tidak cukup terkenal, sekarang ini piala dunia memiliki banyak penggemar. Masyarakat dari seluruh penjuru dunia meramaikan piala dunia. Entah mendukung tim dari negaranya sendiri, ataupun tim kesayangannya yang lain.

Perbedaan waktu yang terjadi tidak menyurutkan semangat para pendukung. Seperti di Indonesia, waktu penyelenggaraan pertandingan kebanyakan berbeda dengan waktu normal dalam negeri. Kebanyakan pertandingan dimulai pada dini hari, saat dimana masyarakat Indonesia beristirahat.

Hal tersebut tidak menghalangi keinginan masyarakat untuk menonton pertandingan sepak bola. Padahal seperti yang diketahui, Indonesia tidak ikut berpartisipasi dalam pertandingan tersebut. Masyarakat Indonesia cenderung mendukung tim kesayangan masing-masing sesuai dengan faktor apapun yang dijadikan pertimbangan mereka.

Kendati demikian, semuanya larut dalam gegap gempita perayaan cabang olah raga sepak bola. Hal tersebut menunjukkan bahwa betapa besarnya pengaruh sepak bola untuk menyatukan banyak pihak.

Tahun 2018 merupakan turnamen ke-21 piala dunia yang pernah diselenggarakan. Rusia menjadi negara beruntung selanjutnya yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan turnamen piala dunia. FIFA sebagai pihak penyelenggara telah melakukan banyak persiapan sebelumnya. Termasuk menyeleksi tim mana saja yang berhak bertanding di turnamen final. Total ada 32 tim yang bisa bertanding di jadwal piala dunia 2018.

Setelah Rusia diputuskan menjadi tuan rumah, pada Maret 2017 terpilihnya salah satu tim yang bisa bertanding di piala dunia 2018. Tim tersebut adalah Brasil, pemenang pertama dari zona Amerika Selatan. Brasil berhasil mendapatkan tiket bertanding pada 28 Maret 2017.

Tidak lama setelah itu, Iran menyusul Brasil sebagai salah satu tim yang lolos menuju turnamen final. Iran menjuarai Grup A Zona Asia pada 12 Juni 2017. Selanjutnya ada Jepang yang dinyatakan lolos menuju turnamen final pada 31 Agustus 2017. Jepang menjuarai Grup B Zona Asia.

Sehari setelahnya, pada 1 September 2017, Meksiko tampil sebagai juara Zona Concacaf. Disambung Belgia menjuarai Grup H Zona Eropa pada 3 September 2017. Sedangkan di hari yang sama pada 5 September 2017, 2 tim berhasil lolos secara bersamaan. Tim-tim tersebut adalah Korea Selatan sebagai juara dua Grup A Zona Asia dan Arab Saudi sebagai juara dua Grup B Zona Asia.

Proses seleksi tim masih berlanjut. Satu bulan setelah Korea Selatan dan Arab Saudi memastikan langkahnya menuju perlombaan final piala dunia 2018, Jerman dan Inggris juga mengikuti langkah mereka. Di bulan yang sama, Spanyol, Nigeria, Kosta Rika, Polandia, Mesir, Serbia, Islandia, Perancis, Portugal, Uruguay, Argentina, Kolombia dan Panama pun tidak ingin ketinggalan. Mereka mengantongi tiket perlombaan yang harus mereka perjuangkan untuk mendapat kemenangan.

Bulan November merupakan bulan terakhir sebelum akhirnya FIFA mengantongi 32 nama yang akan bertanding di babak 32 besar piala dunia. Senegal adalah negara selanjutnya yang lolos pada 10 november 2018 dengan menjuarai grup D zona Afrika. Sementara Maroko dan Tunisia menyusul satu hari setelahnya dengan menjuarai grup C dan grup A zona Afrika.

Pada play-off zona Eropa, Swiss, Kroasia, Swedia dan Denmark ikut menjadi negara yang mengirimkan tim sepak bolanya ke piala dunia. Sedangkan dari zona antar konfederasi, Australia dan Peru adalah negara-negara yang mengantongi tiket perlombaan akhir yang nantinya akan diselenggarakan di Rusia.

Negara-negara tersebut mempersiapkan seluruh amunisi yang akan digunakan saat pertandingan berlangsung. Peluang keberhasilan untuk meraih kemenangan sangat diusahakan untuk terbuka lebar-lebar. Performa dan strategi permainan akan terus diasah sampai akhirnya piala dunia 2018 terselenggara.