5 Negara Unggulan Zona Eropa yang Bermain di Piala Dunia 2018

5 Negara Unggulan Zona Eropa yang Bermain di Piala Dunia 20185 Negara Unggulan Zona Eropa yang Bermain di Piala Dunia 2018

5 Negara Unggulan Zona Eropa yang Bermain di Piala Dunia 2018, Sebentar lagi, tepatnya 2 bulan lagi, perhelatan Piala Dunia 2018 dapat dinikmati oleh para penggemar sepak bola di seluruh dunia. Dan semua tentu saja tertuju ke Rusia yang menjadi tuan rumah Piala Dunia kali ini.

Kompetisi yang diikuti oleh 32 negara terbaik di dunia nantinya akan berjuang merebut gelar Piala Dunia 2018 pada laga mereka di bulan Juni sampai Juli. Sebelum menjadi 32 negara yang lolos ke Piala Dunia 2018, tentu terjadi babak kualifikasi di berbagai zona negara, seperti zona Asia, zona Amerika, zona Eropa, dan sebagainya.

Pada akhir tahun lalu, babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa akhirnya telah selesai, begitu juga dengan babak play off-nya. Negara zona Eropa terakhir yang lolos ke Jadwal Piala Dunia 2018 adalah Denmark, setelah berhasil memenangkan perlawanan Irlandia dengan skor akhir 5-1 di leg kedua di Dublin.

Menjadi benua yang memiliki perwakilan terbanyak, yakni 14 negara, Eropa membuktikan keunggulannya melalui beberapa negara yang akan di bahas pada artikel ini. Negara-negara apa saja yang menjadi unggulan di Piala Dunia 2018 dari zona Eropa?

Rusia

Sebagai tuan rumah, Rusia tidak perlu bersusah payah untuk mendapatkan kesempatan bermain di Piala Dunia 2018, karena mereka secara otomatis masuk ke dalam daftar 32 negara yang berpartisipasi di Piala Dunia kali ini. Di partisipasi Piala Dunia tahun ini, akan menjadi ke 10 kalinya mereka mengikuti kompetisi sepak bola terbesar dalam sejarah.

Tapi, 7 di antaranya saat Rusia masih menjadi negara yang bernama Uni Soviet. Pencapaian terbaik mereka sepanjang Piala Dunia berlangsung adalah pada tahun 1966. Di tahun itu, Rusia berhasil menduduki peringkat keempat.

Namun, pada tahun 1994, 2002, dan 2014, Rusia tidak dapat berhasil melewati babak grup, sehingga perjalanan mereka berhenti di awal perjalanan Piala Dunia pada tahun itu.

Jerman

Jerman menjadi negara yang terbilang tidak menemui cukup kesulitan untuk masuk ke daftar 32 negara partisipan Piala Dunia 2018, setelah memastikan diri lolos dengan menjadi juara grup C. Dengan keikutsertaannya di Piala Dunia kali ini, akan menjadi partisipasinya yang ke 19 kalinya dan di antaranya menang 4 kali (terakhir di tahun 2014 lalu di Brasil).

Tim asuhan Joachim Loew ini telah menyapu bersih 10 laga kualifikasi dengan penuh kemenangan. Salah satu pemainnya, Thomas Muller, kini berada di urutan ke 8 sebagai top skor di Piala Dunia, yakni 10 gol. Striker Bayern Munchen itu harus mendapatkan 6 gol lagi untuk melampui gol teman 1 negaranya, yaitu Miroslav Klose.

Inggris

Negara yang dijuluki The Three Lions ini berhasil lolos ke Piala Dunia kali ini dengan hasil yang cukup memuaskan (8 kali kemenangan dan 2 kali seri). Dengan partisipasinya mereka di tahun ini, berarti mereka sudah menjadi partisipan sebanyak 15 kali.

Pencapaian terbaik mereka di sepanjang sejarah Piala Dunia adalah pada tahun 1966 di saat mereka menjadi tuan rumah. Piala Dunia 2018 menjadi partisipasi mereka secara beruntun sejak mereka gagal melaju ke putaran final di tahun 1994.

Spanyol

Setelah berhasil membawa pulang trofi Piala Dunia 2010 Afrika Selatan lalu, Spanyol akan melakoni Piala Dunia kali ini yang ke 15 kalinya. Tim asuhan Julen Lopetegui hanya kehilangan 2 poin saat babak kualifikasi dan tetap menjadi juara di grup C. David Villa menjadi pemain Spanyol yang menjadi top skor dengan jumlah 9 gol.

Portugal

Juara bertahan Eropa ini cukup kesulitan untuk melangkah ke Piala Dunia 2018. Mereka harus menunggu hasil akhir di laga pertandingan kualifikasi mereka yang ke 10 untuk memastikan diri lolos ke Piala Dunia tahun ini. Namun, hasil penantian tersebut mengantar mereka masuk ke daftar negara Eropa yang lolos ke putaran Piala Dunia nantinya.

Dengan adanya Critiano Ronaldo, Portugal menjadi tim yang cukup difavoritkan untuk menjadi juara Piala Dunia 2018 oleh para penggemar sepak bola. Apakah pencapaian mereka sama dengan pencapaian terbaik saat Portugal di Piala Dunia pertama kalinya? Kala itu legenda Portugal, Eusebio berhasil membawa timnya sebagai juara ketiga.