12 Stadium Pilihan Rusia Untuk Pertandingan Piala Dunia 2018

12 Stadium Pilihan Rusia Untuk Pertandingan Piala Dunia 2018

12 Stadium Pilihan Rusia Untuk Pertandingan Piala Dunia 2018, Saat ini, Rusia tengah sibuk mempersiapkan berbagai hal untuk menyambut Piala Dunia 2018 setelah ditetapkan FIFA untuk menjadi tuan rumah pergelaran sepak bola terbesar yang diadakan setiap 4 tahun sekali ini. Rusia telah menyiapkan 12 stadium terbaik untuk 32 negara yang lolos ke Piala Dunia 2018 sebagai tempat berlatih dan bertanding. Stadium-stadium apa sajakah itu?

Stadium Luzhinki

Stadium ini dibangun pada tahun 1956 dan pada tahun 2017, Rusia merenovasinya untuk kepentingan Prediksi Skor Piala Dunia 2018. Stadium terbesar ini merupakan stadium terbaik yang dimiliki oleh Rusia. Stadium yang terletak di kota Moskow ini akan menjadi tempat acara pembukaan Piala Dunia 2018.

Jumlah pertandingan yang akan digelar di stadium ini adalah 7 pertandingan yang di antaranya merupakan pertandingan pembuka dan final. Kapasitas yang dimiliki Stadium Luzhinki ini mencapai 81.000 penonton dan menjadi stadium terbesar di Rusia.

Stadium Saint Petersburg

Stadium ini merupakan stadium terbaru di Rusia dan baru saja dibuka pada saat Piala Konfederasi FIFA 2017. Perancang Stadium Saint Petersburg adalah Kisho Kurokawa dan mampu menampung penonton sebanyak 68.000. Dengan jumlah penonton tersebut, menjadikan stadium ini kedua terbesar di Rusia setelah Stadium Luzhinki.

Di stadium ini akan digelar 7 pertandingan yang di antaranya pertandingan semifinal dan perebutan tempat ketiga.

Stadium Fisht

Stadium Fisht pada awalnya dibuka untuk menyambut Olimpiade Musim Dingin 2014, namun sejak saat itu, stadium ini masih terus dipakai untuk pertandingan-pertandingan sepak bola umumnya. Stadium ini memiliki konsep yang sangat unik karena penonton disuguhkan pemandangan yang indah di setiap sudutnya.

Misalnya saja, ketika penonton menghadap ke arah utara, maka mereka dapat melihat indahnya pegunungan Krasnaya Polyana. Lalu, saat menghadap ke arah selatan, mereka dapat melihat langsung luasnya laut hitam. Jumlah pertandingan yang akan di gelar di stadium ini adalah 6 pertandingan yang di antaranya untuk 1 babak perdelapan final dan 1 babak perempat final.

Ekaterinburg Arena

Ekaterinburg Arena merupakan salah satu stadium tertua karena telah berdiri selama puluhan tahun di Kota Yaketerinburg, Rusia. Stadium ini telah direnovasi sebanyak 2 kali, yakni tahun 2006 sampai 2011 dan 2014 sampai 2017. Kapasitas untuk Ekaterinburg sebanyak 35.000 penonton saja. Selain itu, di stadium ini hanya akan dilakukan 4 pertandingan untuk babak penyisihan grup.

Kazan Arena

Sebagai stadium tercanggih dalam penggunaan teknologinya di Rusia, Kazan Arena telah memakan biaya pembuatannya sebesar $450 juta dolar atau setara dengan Rp 6 triliun. Stadium yang dibuka pada tahun 2013 ini dapat menampung sekitar 45.000 penonton. Kazan Arena juga akan menjadi tempat 6 pertandingan yang di antaranya 1 babak perdelapan final dan 1 babak perempat final.

Stadium Nizhny Novgorod

Stadium yang mulai dibangun tahun 2015 lalu ini dapat menampung penonton sebanyak 44.899 dan baru dibuka pada tahun 2017 lalu. Di stadium Nizhny Novgorod akan digelar 7 pertandingan termasuk 1 babak perdelapan final dan 1 babak perempat final.

Rostov Arena

Stadium ini sama dengan Nizhny Novgorod yang akan selesai sebentar lagi. Namun, Rostov Arena dapat menampung sekitar 45.000 penonton dan menjadi tempat 5 pertandingan yang di antara 1 babak perdelapan final.

Samara Arena

Nama stadium ini diberi nama sesuai dengan nama lokasi stadium ini berdiri, yaitu kota Samara, Rusia. Di dalam Samara Arena dapat menampung sekitar 44.000 lebih penonton dan merupakan lokasi 6 pertandingan Piala Dunia 2018 yang di antaranya 1 babak perdelapan final dan 1 babak perempat final.

Mordovia Arena

Sebenarnya, Mordovia Arena merupakan stadium pengganti dari Stadium Start yang menjadi markas Klub Mordovia Saransk FC. Stadium yang dibuka tahun 2017 ini dapat menampung 45.000 penonton. Nantinya, stadium ini hanya akan menyelenggarakan pertandingan babak penyisihan grup saja.

Stadium Volgogard

Stadium ini juga merupakan stadium pengganti dari Central Stadium yang sengaja dihancurkan untuk memenuhi standar FIFA Piala Dunia 2018. Stadium Volgogard dapat menampung sekitar 45.000 penonton dan hanya menggelar 4 pertandingan penyisihan grup saja.

Stadium Spartak

Stadium yang resmi dibuka di tahun 2014 ini merupakan salah satu stadium yang memakan banyak biaya saat pembangunannya, yakni $430 juta atau Rp 5.5 triliun. Stadium ini dapat menampung 45.000 penonton dan menggelar 5 pertandingan yang salah satunya 1 babak perdelapan final.

Stadium Kaliningrad

Stadium ini dibangun di sebuah pulau di Rusia dan akan menjadi stadium termodern di Rusia. Stadium ini menampung 35.000 penonton dan hanya akan menggelar 4 pertandingan babak penyisihan grup saja.